Sang Polyphagotarsonemus


.

Hari ini aku bermain dengan dunia lain
Sebuah dunia yang hanya dapat dinikmati dalam ukuran mikro
yaa ternyata bermain dengan dunia lainpun mampu menggugah hati nurani, menyadarkan yang selama ini mungkin kurang sadar.
sekali zoom tak tampak apa-apa
ku coba lagi, lagi dan lagi
hingga ku temukan sosok kecil bertungkai empat itu.
berbadan bulat, berwarna kuning
berlarian dengan gesitnya, menelusuri garis lurus tulang daun.
yaaah kau si Polyphagotarsonemus, dalam pandanganku kau begitu kecil lagi buntet.tingkahmu kadang membuat aku tak sabar.
"tungau" itu nama lainmu, banyak orang tak menanggapimu hanya karena kau seekor tungau.
 Meski begitu kau begitu bening, lembut lagi bersinar.
hitungan menit kau membuatku gundah, hitungan detik kau membuatku marah. 
oh polyphagotarsonemus,,,aku setengah putus asa.
tapi itulah kamu polyphagotarsonemus...
kelincahanmu menambah semangatku,
satu kehadiranmu melebarkan senyum manisku.
seharian mengamatimu
banyak tinkahmu yang tidak kutemukan dlam diriku
kau memang kecil bahkan tak terlihat
tapi kau begitu luarbiasa
saat temanmu jatuh, kau merangkulnya dan membawa berlari
saat tungkainya patah, kau membantunya melewati satu persatu tulang daun yang menyirip.
saat predator datang menghadang
kau tak hanya menyelamatkan diri sendiri
kau pimpin semua orang terdekatmu berlindung di lekuk daun
kau ciptakan nuansa aman dalam kerabat
kau sang polyphagotarsonemus, kecil lagi buntet
hari ini dalam pandangan berukuran mikroku
aku resmi menyatakan aku iri padamu polypaghotarsonemus
kau seekor tungau,tapi mampu berikan sejuta makna dan pelajaran
sedangkan aku makhluk yang diciptakan sebaik2 bentuk
masih kurang berbuat banyak.
oh polyphagotarsonemus,,,
adakah yang sebaik dirimu di dunia nyata ini 

          -RT-

Your Reply