PERILAKU KONSUMEN (CONSUMER BEHAVIOR)


.

Bab.6
Pengetahuan Konsumen (Consumer Knowledge)
Summarized by Lestari Pebriyeni (Majoring in Plant Protection,
College of Agricultural – Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)

Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan konsumen akan mempengaruhi keputusan pembelian untuk itu produsen harus memahami pengetahuan konsumen untuk memasarkan produknya.
Pengetahuan konsumen terbagi kedalam tiga macam :
1.      Pengetahuan produk,
2.      Pengetahuan pembelian,
3.      Pengetahuan pemakaian.
Pengetahuan produk merupakan kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk, yang meliputi kategori produk, merek, terminologi produk, atribut produk, harga produk dan kepercayaan mengenai produk.
Ada tiga macam pengetahuan produk yaitu ; pengetahuan tentang atribut produk, pengetahuan manfaat produk, dan pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk pada konsumen.
Konsumen akan merasakan dua manfaat setelah mengkonsumsi suatu produk yaitu :
1.      Manfaat fungsional (functional consequences),
2.      Manfaat psikososial (psychosocial consequences).
Manfaat dari suatu produk ini dapat dijadikan dasar untuk melakukan segmentasi pasar yang disebut dengan benefit segmentation. Manfaat negatif sering dirasakan konsumen sebagai resiko yang didapat dari mengonsumsi suatu produk, inilah yang disebut dengan persepsi resiko. Persepsi resiko terdiri dari resiko fungsi, resiko keuangan, resiko waktu, dan resiko kehilangan kesempatan.
Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behavior : Theory And Application in Marketing

Your Reply