Bab 4
Pengelolaan Informasi dan Persepsi Konsumen
(Processing Information and Perception Concumer)
Summarized by Lestari Pebriyeni (Majoring in Plant Protection,
College of Agricultural – Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)
Informasi adalah proses penerimaan stimulus melalui panca indera kemudian di olah informasi dalam otak.
Pengolahan informasi merupakan adanya stimulus dari luar yang merupakan suatu input, dalam perilaku konsumen stimulus berupa produk, iklan, kemasan dll.
Ada 5 tahap pengolahan informasi :
1. Pemaparan
2. Perhatian
3. Pemahaman
4. Penerimaan
5. Retensi
Ø Pemaparan
Pemaparan stimulus yang menyebabkan konsumen menyadari stimulus tersebut melalui panca inderaanya. Pemaparan terbagi menjadi tiga bagian yaitu sensasi, ambang absolut, dan ambang berbeda.
Ø Perhatian
Kapasitas pengolahan yang dialokasikan konsumen terhadap stimulus yang masuk. Ada dua faktor yang mempengaruhi perhatian konsumen terhadap stimulu yaitu faktor pribadi dan faktor stimulus. Faktor stimulus meliputi ; ukuran, warna, intesitas, kontras, posisi, petunjuk, gerakan, kebauran, isolasi,stimulus yang disengaja, dan lain sebagainya.
Ø Pemahaman
Interpretasi terhadap makna stimulus. Ada tiga prinsip dalam pemahaman yaitu gambar dan latar belakang, pengelompokan, dan closure.
Ø Penerimaan
Persepsi konsumen merupakan output dari penerimaan konsumen terhadap stimulus.
Ø Retensi
Proses pemindahan informasi ke memori jangka panjang. Memori terdiri dari tiga penyimpanan :
a. sensory memory (memori sensori) = penyimpanan sementara.
b. short-term memory (memori jangka pendek) = penyimpanan singkat.
c. Long-term memory ( memori jangka panjang) = penyimpanan permanen.
Rehersial merupakan kegiatan mental konsumen untuk mengingat-ingat omfpormasi yang diterimanya dan menghubungkannya dengan informasi lainnya yang sudah tersimpan di memorinya.
Econding merupakan proses untuk menyeleksi sebuah kata atau gambar untuk menyatakan suatu persepsi terhadap sebuah objek.
Tahap pemaparan, perhatian, dan pemahaman disebut sebagai persepsi. Setelah konsumen menyimpan informasi di dalam long-term memory, maka suatu saat ia akan memanggil kembali atau mengingat informasi tersebut untuk di pakai seabagai pertimbanggan dalam mengambil keputusan. Proses ini dikenal dengan retrieval.
Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behavior : Theory And Application in Marketing)www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id